Saturday, June 1, 2019

Solo Traveling in Bangkok 5N6D on Budget


Been solo for my entire life so when I was going to do solo travelling, why not? That’s your life, just do whatever you wanna do. Impulsively bought my flight ticket just 4 or 5 days before travelling.. ALONE . that’s the most NEKAT thing that’s I’ve ever done in my life. Hahaha anyway, salah satu hal yang paling memotivasi untuk pergi sendiri karena rasa kekecewaan yang begitu besar yang terjadi beberapa waktu lalu dan kayak butuh healing time nih, butuh ME time banget nih. Maka, terjadilah solo travelling ini yang ternyata bikin nagih and I want to do it again. Disini aku bakal share itinerary untuk kamu yang mau solo travelling tapi on budget. So keep reading…



Traveling saat Ramadan dan sedang puasa? Kenapa engga? Nyatanya alhamdulillah semua berjalan lancar seperti biasa. Awalnya cukup berasa walau cuma beda satu jam aja waktu bukanya. Ibadah ya tetep jalan dong. Di Bangkok udah banyak banget masjid & musholla di dalam mall. Masjid-masjid pun provide takjil untuk kita yang sedang berpuasa, kayak yang ada di Masjid Darul Aman. Masjid Darul Aman berada di daerah Phetchaburi letaknya gak jauh dari BTS Ratchathewi, sekitar 5 menit jalan kaki. Rasanya mendengar adzan di Negara yang dimana masyarakat muslimnya itu minoritas cukup bikin terharu. Waktu itu aku mampir untuk shalat Dzuhur disana, lumayan sambil ngadem juga karena cuaca Bangkok yang waktu itu mencapai 37°c, bayangkan saja lipbalm yang padet di dalem jar aja bisa meleleh jd kayak minyak goreng sodara2x. Btw, untuk tempat shalat perempuan letaknya ada di lantai 2 dan tempat wudhu ada di bawah. Setelah selesai shalat Dzuhur, pengurus masjid udah mulai ngejejerin nampan-nampan yang siap di isi dengan menu buka puasa lho, padahal masih lama waktu bukanya. Sayangnya aku gak buka puasa disana karena memang udah ada jadwal lain. Nah, bagi kamu yang traveling saat bulan puasa, cara ini bisa nih untuk menghemat pengeluaran makan. Untuk makan sahur, sebelum balik ke penginapan baiknya kamu membeli makanan terlebih dahulu, jadi gak perlu repot nyari makanan jam 3 pagi.

Waktu itu aku buka puasa di Food Republic-nya Siam Center, jadi ini tuh semacam food courtnya mereka, kalo di Indonesia kayak eat n eat gitu. Sistemnya juga sama, pembayaran dengan kartu yang udah di isi saldo dan bisa di refund saat sudah selesai. Kalo mau shalat setelah selesai buka puasa, bisa langsung ke Siam Paragon yang dimana ke dua mall ini saling terhubung. Kalo aku karena sekalian ingin  membeli menu sahur di Yana Restaurant yang ada di MBK Mall jadi shalat disana. Musholla perempuan letaknya di lantai 5, dekat parkiran dan yang pria di lantai 6. Tempatnya bersih dan dingin banget. Pas nyari musholla ini sempat tersesat, tapi pas nanya sama mas-mas disana sampe dianterin lho sama dia bahkan sampe depan mushollanya. Khob khun mak mak P’ 

Bagi yang solo traveling on budget berikut adalah beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan tiket masuk yang masih terjangkau bahkan gratis:

Wat Arun


Dengan tiket masuk hanya 50 thb, kita udah bisa masuk ke sana dan foto-foto cantik. Bermodal naik kapal/ perahu seharga 15 thb dari sathorn pier (central pier). Tips waktu yang bagus untuk ke Wat Arun ini adalah saat baru buka yaitu 08:30 atau saat sore hari mendekati waktu tutup 17:30. Kalo mau siang hari juga gak apa-apa sih tapi tanggung sendiri ya panasnya kayak di garang. hahaha 

Wat Pho


Dari Wat Arun kamu bisa sekalian ke Wat Pho. Tiket masuknya 100 thb tapi belum lama aku sempet baca katanya naik jadi 200 thb. Disana kamu bisa liat patung Buddha yang besar banget, foto-foto dan bisa dapat air mineral. Dari sathorn pier kalian bisa turun di Tha Tien Pier (N8), lebih gampangnya cukup perhatikan nomor N8 nya aja setiap berhenti di pier. Begitu pula dengan pier lain N1 – N21.

Charoen Krung Soi 30, 32 Street Art, Warehouse 30


Masih dengan kapal, kamu bisa turun di Si Phaya (N3) River City. Setelah/ sebelum ke Wat Arun & Wat Pho bisa nih yang mau wisata gratisan mampir ke Charoen Krung Soi 30 & 32 dan Warehouse 30. Disini jalanannya instagramable gitu karna banyak street artnya. Lalu, Warehouse 30 sendiri menjual banyak barang dari designer lokal. Bisa di tonton videonya Nichkhun & Cherren

ICON SIAM

credit pic : ICON SIAM
Cuaca panas kadang bikin cepet capek, nah.. yang mau ngadem, ngemall dan cuci mata, bisa mampir ke ICON SIAM. Masih sekitaran Chao Phraya River dengan naik free shuttle boat dari Sathorn Pier sudah bisa membawa kalian ke ICON SIAM. 

Asiatique

 
Ke temple udah, menelusuri street art udah, ke mall juga udah, sekarang saatnya ke night market. Balik lagi nih ke Sathorn Pier, kalian cukup antri di bagian free shuttle boat Asiatique yang dimana akan membawa kalian naik kapal lagi menuju Asiatique. Mau makan enak, mau belanja murah, mau hiburan ala ala theme park, mau liat sunset semua bisa di rasakan kalo kalian ke Asiatique. Jam yang tepat saat ke Asiatique adalah pukul 17:00, kalian bisa duduk di pinggir Asiatique sambil minum air kelapa and watching sunset. Waaah healing time yang murah meriah banget deh.

Wat Yannawa

Masih dekat dengan Sathorn Pier kalian bisa mampir ke Wat yang bentuknya unik kayak perahu dan masuk kesini itu free. Dari Sathorn Pier cukup jalan lurus melewati BTS Saphan Taksin dan di ujung jalan belok kanan, gak jauh dari situ udah keliatan bangunannya.

Gimana temen-temen? Dalam sehari kita udah bisa kebanyak tempat kan, tentunya dengan budget yang sedikit kita udah bisa nikmatin semuanya. Nah.. kalo tempat tujuan kalian kebanyakan di sekitar Chao Phraya River ini, kalian bisa pilih penginapan disekitar Chao Phraya River juga. Aku sendiri memilih Glur Hostel Bangkok, selain harganya murah hanya dengan 500k untuk 5N6D kalian udah bisa tidur nyaman. Minusnya space kamarnya sempit, untuk yang muslim akan susah untuk melakukan Sholat, kecuali dapat bed di bawah dan untuk colokan listriknya kendor banget dibeberapa tempat, untuk ngakalinnya kalian bisa bawa stop kontak untuk nyambung ke charger-an handphone kalian. You got what you pay lah ya.

Tips :


Kalo kamu landing di Don Mueang Airport dan mau hemat tanpa harus naik taxi, kamu bisa naik bus A1 dengan harga 30 thb yang dibayarkan saat di bus, bus ini akan mengantarkan mu ke tengah kota yaitu ke BTS Mo Chit & MRT Mo Chit untuk nantinya melanjutkan perjalanan ke tujuan masing-masing.


Kamu baru pertama kali ke Bangkok dan akan jarang banget balik lagi kesini, menurutku baiknya untuk beli Rabbit Card yang 15/ 25/ 30 trips unlimited, jauh dekat terhitung satu kali trip. Setelah di perhatikan rupanya ini lebih murah ketimbang harus beli yang standard adult rabbit card dengan pengisian top-up. Bisa dicek disini https://www.bangkokbts.com/bts-rabbit-cards.html


Takut salah naik BTS atau takut nyasar, kamu bisa download aplikasi BTS SkyTrain di playstore untuk mengetahui jalur dan line yang dilewati BTS. Aplikasi tersebut juga kasih info fare yang dibayarkan dari stasiun tempat mu naik ke stasiun tempat tujuan. Kamu juga bisa menggunakan Google Maps untuk petunjuk arah. Lumayan akurat digunakan di Bangkok.

Oia, dibawah ini aku cantumin keterangan budget untuk jalan-jalan di Bangkok selama 6 hari 5 malam. rate yang aku pakai disini Rp 500,- aku genapin aja ya, sebenernya rate waktu aku jalan itu Rp 475,-



2 comments: