Saturday, September 22, 2018

HAL YANG PERLU KAMU KETAHUI JIKA TRAVELLING KE KOREA SELATAN (MY EXPERIENCE)


Back with new post, a lil bit lazy to write and continue part 2 of my last post, because i'm too caught up with ME TIME :p anyway, aku mau posting beberapa hal yang perlu kalian ketahui saat ke Korea Selatan, keep scroll down ~

Self Service
  1. Buang Sampah Sendiri
    Di Korea Selatan, jika kamu menginap di guest house atau hostel biasanya kamu harus buang sampah sendiri misalkan bila tempat sampah yang ada dikamarmu sudah penuh, kamu harus membuangnya ke tempat pembuangan sampah yang lebih besar di hostel itu. Sampahnya juga dibedakan menjadi 3 jenis yaitu sampah plastik, sampah rumah tangga seperti makanan dan sampah lain-lain seperti tissue atau kertas.
  2. Tidak Ada Housekeeping di Hostel/ Guest House
    Berbeda dengan guest house atau hostel di Bangkok atau mungkin negara lainnya, di Korea Selatan juga kamu harus mengambil handuk bersih dan kebutuhan mandi kamu sendiri di tempat yang sudah di sediakan, jika kamu ingin mengganti handuk yang kotor, kamu juga harus meletakkannya sendiri di keranjang handuk kotor yang sudah di sediakan di hostel/ guest house tersebut.
  3. Mencuci Piring Sendiri
    Jika di hostel/ guest house mu mendapat fasilitas breakfast atau sarapan, setelah memakai peralatan makan seperti piring, sendok maupun gelas, kamu juga harus langsung mencucinya dan meletakkannya ketempat semula.
  4. Membereskan Meja di Resto atau Café
    Jika kalian mengunjungi beberapa café atau mcdonald dan sejenisnya, kamu pun harus membuag sampah dan meletakkan traynya pada tempat yang telah disediakan. Bukan hanya café atau restaurant cepat saji saja, terkadang hal ini juga berlaku di restaurant dengan makan-makanan besar (?) kayak restaurant jjangmyeon dan sejenisnya.
Malu Bertanya Sesat di Jalan


Bila kalian sedang berada di Myeongdong dan kesulitan untuk menemukan store/ tempat yang kalian cari, kalian bisa cari orang dengan seragam warna merah, mereka akan membantu kalian dengan memberikan map dan ngasih tau dimana tempat yang kalian cari. Kakak-kakak ini juga bisa ditemui disekitar bukchon hanok village, jadi jangan segan-segan untuk bertanya ya karena mereka juga speak different language, english, japanese, chinese etc.
If you can’t find a person with red uniform, you can always ask people around you. Gak usah malu-malu untuk bertanya sama warga asli sana. Kamu cukup bilang excuse me, do you know this place dengan nunjukin alamat atau misalkan kalian menggunakan smartphone dan sedang menggunakan maps, langsung aja tunjukkin ke mereka. Sebisa mungkin mereka akan membantu kamu untuk menunjukkan jalan yang lurus biar kamu gak tersesat di jalan yang salah *apasih* walaupun mereka gak bisa bahasa Inggris mereka akan pake bahasa Korea featuring body language dan Insya Allah kalian ngerti apa yang mereka omongin, apalagi kalo kalian kpopers atau kdrama lovers pasti tau sedikit-sedikit lah ya apa yang mereka omongin.

T-Money atau Cashbee


Kalo di Indonesia kita punya kartu flash, emoney atau brizz untuk menggunakan transportasi umum, sama halnya di Korea Selatan, setelah kamu sampai di bandara, hal yang kamu harus beli adalah T-Money ataupun Cashbee, harganya 4000 won dan bisa kamu isi saldo sesuai kebutuhan kamu selama tinggal di Korea, T-Money atau Cashbee digunakan saat kita akan naik Seoul Subway, Bus dan transportasi lain, kartu ini juga bisa digunakan untuk melakukan di minimarket seperti Sevel.

Tax Refund

 

Jika kamu berencana untuk shopping di Korea Selatan, hal tidak boleh dilupakan adalah tax refund, saat kamu berbelanja sesuatu di suatu toko dengan kelipatan 30.000 won kamu bisa meminta Tax Refund, biasanya mereka akan menawarkan tax refund dan meminta kamu menunjukkan passport mu, tax refund masing-masing toko pun berbeda, ada yang uangnya dikembalikan langsung ditoko kita berbelanja ataupun bisa kita dapatkan dan dikumpulkan dari di counter tax refund di bandara sebelum kepulangan kita ke Negera asal. Gimana sih prosesnya? Jadi, kamu akan mendapatkan struk belanjaan dan satu lagi struk tax refund yang ada barcodenya, biasanya mereka akan menunjukkannya kepada kamu, nah di counter tax refund di airport, pertama-tama kita men-scan passport kita, lalu scan barcode dari struk yang kalian miliki, disitu akan keliatan berapa tax refund yang akan kalian dapatkan. Scan satu-persatu struk tax refund yang kalian punya. Setelah itu kalian bisa mengambil semua uangnya di counter tax refund selanjutnya setelah kalian memasuki imigrasi di Incheon.

Mobile Apps
  1. Naver Map

    Jaman sekarang memang gak bisa jauh dari yang namanya gadget, dengan gadget kita bisa mencari berbagai informasi. Bila di Indonesia bila kita mau menemukan tempat atau membutuhkan navigasi ke suatu tempat kita bisa pakai mobile apps Google Maps atau Waze. Nah, kalo di Korea kita bisa pakai Naver Map. Naver Map salah satu aplikasi navigasi yang bisa membantu kita menemukan tempat wisata, cafe, bank dan lain-lain. navigasinya bisa berupa arah jalan menggunakan mobil pribadi sampai public transportation seperti MRT, Subway dan juga bus umum. Jadi, sebelum kita sampai di Korea Selatan, bisa di download dulu nih aplikasi berguna ini.
  2. Papago

    Seperti yang kita tahu bahwa Korea Selatan menggunakan hangul dalam penulisan. Nah, aplikasi Papago ini bisa membantu kamu jika kamu ingin mengetahui arti dari satu tulisan hangul. Kerennya, aplikasi ini bukan cuma sekedar kita mencari arti dengan mengetiknya terlebih dahulu dari bahasa asli kita tapi kita juga bisa memfoto suatu tulisan, lalu di arsir bagian yang ingin diterjemahkan dan walaaa aplikasi tersebut akan menunjukkan arti dari si hangul tersebut.
Beberapa poin diatas adalah salah satu  hal udah aku alamin dari banyak hal yang mungkin belum aku ketahui dan aku alamin, jadi kalo ada perbedaan di beberapa aspek atau ada tambahan, feel free to comment ^.^ I would love to hear your experience too ~

3 comments:

  1. Informatif sekalii,, tambah lagi dong info2nya biar tak tersesat di korea hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Noted kak, nanti akan di tambahkan info apps yg bs dipakai saat si korea ^^

      Delete
  2. Asliii ya gue tau ada tax refund tp nggatau bakal krn gue belum pernah ngalamin tax refund (keluar negri paling spore aja dan ngga se complicated itu belanjaan gue) informatif bgt drpd gue tersesat :(

    ReplyDelete