Thursday, May 30, 2019

MY FIRST EXPERIENCE AS A SOLO TRAVELLER (TIPS + ADVICE)


Just 2 weeks ago, aku memberanikan diri untuk solo travelling. Ya walaupun travelingnya sih ke Negara yang udah sering aku kunjungi, Negara tercinta yaitu Thailand but still you will feel excited, scared and insecure because the feels was just so different when you travel with friends or family. Bedanya adalah saat traveling bersama teman atau keluarga, kamu punya seseorang who you can depend on but when you travel alone, you have to be aware all the time with the situation around you. The most fun thing is you don’t have to argue where you want to go first, what you want to eat, what you should do first bcs you have to make your own decision to go somewhere, to buy something, what to eat, to do what you wanna do and trust me… it was incredible and amazing experienced for me and I want to do it again in the near future, the common things that you should know before solo travelling :

PREPARATION (Itinnerary + budget)


Persiapkan matang-matang itinerary kalian seperti :
  1. Kemana saja kamu akan pergi.
    Tentukan tujuanmu saat akan traveling. Mau kemana aja sih? Ada apa aja sih disana? Cari tau opening or operating hours, lalu waktu terbaik untuk mengunjungi tempat tersebut. All the information u can find on google. Pastikan untuk mencatat semua informasi yang kamu butuhkan, bila perlu bikin time schedule. 
  2. Bagaimana cara untuk sampai ke tempat tujuan/ wisata.
    Selain mencatat kemana aja tempat yang akan kamu kunjungi, cari juga info gimana caranya untuk sampai ke tempat yang dituju because Its not good being lost when you are all alone especially when you are a women. Cari tau transportasi yang paling tepat untuk mengantarkan mu ke tempat tujuan. Apakah bisa di akses dan dekat dengan stasiun MRT atau BTS atau jika tempat tujuanmu gak bisa atau jauh di jangkau dengan MRT atau BTS, kamu bisa cari informasi tentang transportasi apa yang bisa membawa kamu untuk sampai ke tempat tujuan. Cari tau juga berapa ongkos yang harus di siapkan bila menggunakan taxi, perahu/ ferry, tuk-tuk, angkutan umum, bus dan sebagainya. Just in case you’re being lost then don’t be shy to ask the direction to someone. Malu bertanya sesat di jalan gaes :p 
  3. Berapa budget yang harus disiapkan untuk pergi kesana dan saat disana.
    Siapkan budget, bila perlu pisahkan budget tersebut untuk ke tempat a,b,c dan seterusnya. Kamu harus bisa bertanggung jawab terhadap diri sendiri means bertanggung jawab me-manage keuangan sendiri dan pengendalian diri sangat dibutuhkan apalagi saat akan ke tempat shopping, harus hati-hati banget. Budget yang harus disiapkan bisa berupa: berapa ongkos yang akan dikeluarkan pulang-pergi, berapa tiket masuk tempat wisata, berapa harga makanan yang ada disana. Biaya tak terduga, just in case kamu mau beli buah tangan atau oleh-oleh yang menarik yang gak ada di tempat lain. Ingat! Saat solo traveling budget bisa lebih besar daripada traveling bareng teman karena saat makan kamu makan sendiri, yang berarti kamu harus membayar full untuk satu porsi makanan dan minuman. Berbeda kalo kamu traveling bareng teman, kamu bisa sharing makanan satu porsi berdua yang dimana itu efektif banget untuk menghemat. Tapi bukan berarti kamu harus pelit ke diri sendiri sampai gak makan seharian cuma karna ingin menghemat. BIG NO banget deh, inget ya kita lagi sendiri ditempat yang asing dan kesehatan itu sangat diperlukan.
PACKING


Saat kamu solo traveling, pastikan untuk membawa segala kebutuhan yang kamu perlukan tapi bukan berarti kamu harus membawa seluruh pakaian mu yang ada di lemari maupun seluruh skin care dan make up yang ada di meja riasmu.
  1. Bawa pakaian secukupnya.
    Pastikan membawa pakaian secukupnya, untuk hal ini kamu bisa cari info terlebih dahulu apakah hotel/ hostel/ guest house yang kamu tempati memprovide mesin cuci/ laundry. If yes, then its good, so u can pack less clothes. if no, then don’t be sad, you still can wash your clothes when u take a bath. Siapin dan bawa detergen sachet an. Bisa-bisa kalian aja mengakalinya kalo memang bener-bener gak mau membawa banyak pakaian. Yang hijabers, jika ingin meminimalisir bawaan, misalkan traveling selama seminggu bisa bawa 3 scarf atau pashmina dengan warna netral misalkan hitam, coklat dan abu dan 2 daleman (ciput or ninja). Mengakalinya cuci-pakai, cuci-pakai. Gak akan mati gaya kalau harus OOTD dengan warna-warna di atas. 
  2. Toiletries.
    Pindahkan sabun, shampo, skin care dan make up mu ke travel size bottle. Untuk yang perempuan hitung jadwal menstruasi mu, jadi kamu tau apakah harus membawa roti jepang atau tidak (baiknya selalu membawa bahkan saat bukan tanggalnya untuk jaga-jaga). Travel size bottle bisa di beli dimana-mana online maupun offline dengan kisaran harga yang murah dengan berbagai desain.
  3. Medicine.
    Kondisi mu yang tau kamu, persiapkan dan bawa obat-obatan yang menurutmu kamu butuhkan. Obat antimo, maag, kolesterol, asam urat, darah tinggi, vitamin dan sebagainya. Jika kamu memang sedang mengkonsumsi obat-obatan secara rutin dan gak boleh skip sama sekali dari dokter, bawa dan hitung jumlahnya sesuai dengan berapa lama kamu stay saat travelling, kalo bisa dilebihkan, just in case flight mu delay sampai seharian *hope it wont happen tho.
KEEP CALM AND ENJOY THE TRIP 

  1. Tiket sudah di tangan, penginapan sudah di pesan, itinerary sudah di susun dan packing pun sudah selesai. Waktunya berangkat. Persiapkan kondisi terbaik mu saat hari H dan jangan lupa untuk pamit dengan keluarga atau orang di rumah.
  2. Keep your family update about where you are and what are you doing.
    Mungkin kamu bener-bener pengen me time, tapi bukan berarti kamu cuek dan gak ngabarin orang rumah atau orang tua selama traveling. Keep them updated, gak perlu terlalu sering tiap jam, cukup sehari sekali chat atau telpon apa rencana kamu hari itu, akan pergi kemana aja hari itu. Kita gak akan pernah tau apa yang akan terjadi nantinya.
  3. Keep your phone full battery.
    Saat packing jangan lupa segala perlengkapan elektronik dan juga powerbank, harus diingat ketika bepergian sendiri ketempat yang asing ada kalanya kita merasa tersesat dan ingin melihat maps atau informasi lain di internet. Jadi, pastikan handphone dan smartphone kalian dalam keadaan aktif dan kalo bisa jangan sampai low batt.
  4. Make friends.
    Jika kamu bakal stay di hostel/ guest house dengan dorm room, pastinya bakal ketemu traveller dari Negara lain bahkan dari Negara sendiri. Jangan lupa untuk say hai dan make a conversation with them karna kamu akan berbagi kamar bersama mereka. In my case I met 2 girls from my country from Balikpapan, 2 girls from Philipine and 2 girls from France. Kalo kamu gak bisa atau gak berani ngomong bahasa inggris, cukup say hi/ hello aja dengan senyuman. That would be good.
  5. Jangan malu untuk minta tolong.
    Apalah artinya traveling tanpa foto-foto, ya kan…. sering kali kita bingung kalo traveling sendiri nanti siapa yang fotoin? Gak usah khawatir karna bakal banyak banget wisatawan yang bakal dengan senang hati membantu kamu untuk mengambil foto mu, just ask. In case,  kamu memang malu banget dan gak berani minta tolong atau foto yang di ambil itu gak bagus dan kamu gak puas akan hasilnya, siapin perlengkapan foto yaitu tripod dengan control button biar kamu gak harus pake timer dan lari2x an untuk ambil foto. It works for me.
  6. Ingat waktu.
    Traveling kadang bikin kita keasyikan dan jadi lupa waktu. Untuk yang perempuan sebisa mungkin untuk pulang/ balik ke tempat penginapan usahakan jangan terlalu malam, seberapapun amannya negara itu tetap harus diingat kita ini perempuan dan sedang solo traveling jadi ingat waktu ya. Sekali lagi, this world is sooo huge and u don’t know what will happen with you.
Tulisannya udah kepanjangan nih, ditunggu part 2 nya ya yang lebih membahas gimana traveling hemat dan on budget ala diriku selama di Bangkok kemarin. Selain itu, bakal ada giveaway yang berhadiah make up dan snack. so see yaaa ….

No comments:

Post a Comment