Thursday, May 23, 2019

LOY KRATHONG & YI PENG IN CHIANGMAI 2018



Sawasdee kaa everyone . been away for these past months bcs of my work load but now I’m free again so maybe I will start to active to write in here again until I get a new job . Jadi, seperti judulnya I want to throwback to November 22nd 2018 I went to Bangkok – Chiang Mai – Bangkok to witness a Loy Krathong & Yi Peng Festival. Gimana sih perayaan Loy Krathong & Yi Peng Festival ini di Thailand, lebih tepatnya di Chiang Mai ? 

Day 1 - 22nd November
Dimulai keberangkatan dari Jakarta ke Bangkok udah sore dan sampai di Bangkok udah lumayan malem sekitar jam 20:00 dengan pesawat Air Asia yang dimana waktu itu aku dapet promo kursi gratis means aku dkk dapet harga tiket cuma 500 ribu (perginya aja ya). Sesampainya di Bangkok, kita langsung menuju hostel yang sebenernya agak jauh dari pusat kota kayak Siam, Pratunam dan lain-lain, kira-kira di sekitaran Rama VIII Bridge. Pas on the way ke hostel, banyak banget warga lokal dan turis yang akan berangkat ataupun pulang dari melarung Krathong. Terus Loy Krathong sendiri itu apa sih? Jadi, Loy Krathong itu semacam ritual melarung keranjang yang berisi bunga, lilin dan dupa, bisa terbuat dari sterofoam ataupun roti yang dimana lebih ramah lingkungan jika di larung ke sungai karena bisa habis di makan sama ikan. Kenapa harus di larung? Menurut kepercayaan orang Thailand karena Negara Thailand itu adalah Negara Agricultural jadi otomatis sungai itu udah kayak pembuluh darah mereka, nah.. sebagai bentuk rasa hormat kepada Dewa sungai yaitu Pra Mae Khongkha, makanya mereka melarung Krathong untuk beribadah dan meminta pengampunan. Selain itu, ada juga yang percaya dengan melarung Krathong bisa menjauhkan dari kesialan, menghapus dosa dan membuat permohonan untuk tahun yang akan datang. (next)

Day 2 – 23rd November
Keesokan paginya sekitar jam 07:00 aku dkk bener-bener udah ada di Rama VIII Bridge, karena jarak dari hostel ke Rama VIII Bridge itu ± 2 km, kita memutuskan untuk naik tuk-tuk. Di Rama VIII Bridge banyak banget sisa larungan dari perayaan Loy Krathong semalam dan banyak tenda-tenda food stall yang ikut meramaikan acara Loy Krathong. Ngapain aja sih di Rama VIII Bridge? Karena di bawah Rama VIII Bridge itu seperti taman jadi kegiatan dari penduduk lokal yang kesana itu seperti olahraga, jogging pagi or sore dan kadang ada kegiatan senam juga lho. Sebenernya Rama VIII Bridge itu bukan tempat wisata turis kayak kita ini, cuma karena Rama VIII Bridge itu spot favorit aku tiap ke Bangkok jadi gak bisa di lewatin, kalo yang pernah nonton SOTUS The Series pasti bakal tau kenapa Rama VIII Bridge itu tempat yang special untuk dikunjungi.


Setelah dari Rama VIII Bridge, aku dkk menuju ke Pratunam Morning Market yang dimana tempat belanja khususnya untuk para cewek. It’s a heaven for a fashion with a very cheap price. Gak usah khawatir sama kualitas model dan bahan, karena koleksi fashionnya keren-keren banget walaupun dengan harga murah. Really recommended place to shopping even better than Platinum Mall, pokoknya siapin koper, bagasi dan uang yang banyak :p but be careful with your belongings, there’s a pickpocket around that area.

Setelah puas cuci mata di Pratunam Morning Market, aku dkk langsung kembali ke hostel untuk siap-siap berangkat ke Chiang Mai. Keberangkatan dari bandara Don Muang dengan Nok Air, lama perjalanan dari DMK ke CNX sekitar 1 jam 15 menit aja, berbeda dengan kereta atau sleeper train yang bisa memakan waktu 12-14 jam tapi tentunya pengalaman yang dirasakan bakal beda banget. Begitu sampai di CNX, kita langsung pesen grab, tau gak sih grab di Chiang Mai itu bahkan mobilnya pake fortuner *norak. Sesampainya di hostel tepatnya di roof and room hostel, kita langsung check in, dibantu dengan khun moad yang ramah banget, kita di infokan bahwa malam ini akan ada karnaval Loy Krathong & Yi Peng di sekitaran Thapae Gate. Kebetulan juga hostel yang aku tempatin itu lumayan strategis banget lokasinya dekat dengan temple-temple, night street food dan mini market.

thapae gate
Setelah istirahat, sekitar jam 5 sore aku dkk langsung menuju Thapae Gate untuk melihat Yi Peng Festival. Yi Peng Festival ini kegiatan dimana para warga dan turis biasanya menerbangkan lantern ke udara tepat saat bulan purnama, seringkali Yi Peng itu bertepatan dengan perayaan Loy Krathong. Saat malam tiba, jalanan udah rame banget sama rombongan karnaval, banyak kereta-kereta yang di hias dengan patung-patung Dewa dengan berbagai tema yang pastinya punya cerita masing-masing dan juga ada mbak-mbak dan mas-mas pengiring karnaval. Oia, saat festival Loy Krathong & Yi Peng ini biasanya di sepanjang jalan dan temple banyak banget hiasan lantern yang di gantung dengan berbagai warna dan bentuk, semua tempat jadi instagramable banget. Kalian gak bakal nyesel kalo liburan saat Loy Krathong & Yi Peng festival ini.




Untuk kalian yang mau ikutan menerbangkan lantern bisa dateng ke temple-temple terdekat atau spot yang memang sudah ditentukan karena biasanya untuk menerbangkan lantern gak boleh di sembarang tempat. Beberapa tahun belakangan ini juga pemerintah Thailand sebenarnya udah melarang kegiatan menerbangkan lantern karena bisa mengganggu kegiatan penerbangan dan juga mengakibatkan kebakaran tapi karena ini sudah menjadi budaya dan kebiasaan masyarakat sana, perayaan ini masih berlangsung setiap tahunnya. Menurut kepercayaan, jika kita menerbangkan lantern permintaan kita akan terwujud dan akan dijauhkan dari hal-hal negatif. 


The best way to get to Chiang Mai?
Kalian bisa naik sleeper train ataupun pesawat. Kalo kalian ingin merasakan pengalaman yang berbeda, bisa cobain perjalanan dengan sleeper train yang tiketnya bisa dibeli jauh-jauh hari di web https://12go.asia/en. Disitu kalian bisa pilih sleeper train dengan berbagai kelas, ada yang 1st class sleeper, 2nd class sleeper ac atau 2nd class sleeper fan. Kalo kalian travel on budget cukup beli yang 2nd class sleeper fan karena menurut ku yang fan pun udah dingin dan ada acnya juga. Terus apa bedanya 1st class dengan 2nd class? Bedanya adalah kalo 1st class itu lebih private, kalo kalian pernah nonton Harry Potter, nah.. kereta ini hampir sama kayak kereta Hogwarts, masing-masing tempat duduk itu ada di dalam ruangan yang ada pintunya. Saat malam tiba, biasanya sekitar jam 06:00 pm petugas akan merubah kursi kita jadi tempat tidur.

1st class sleeper train | cr https://12go.asia/
2nd class sleeper train | cr https://12go.asia/
penampakan upper bed di kereta
  


Jadi, gimana nih? udah siap merencanakan liburan akhir tahun belum? udah ada ide mau kemana pas akhir tahun?


No comments:

Post a Comment