Saturday, July 14, 2018

Mengajukan & Mendapatkan Visa Korea Selatan Juni 2018, Gampang Kok



Annyeong chingudeul, I’m back again . udah lama banget gak posting sesuatu di blog ini. Reality really eat me up . work while I have to finish my master degree is really exhausted . for these 2 years I almost haven’t a break time even on weekend . so without any further explaination, lets jump to the main topic. 
Jadi kali ini aku mau share tentang bagaimana cara mengajukan dan mendapatkan visa Korea Selatan. Bagi kalian yang belum tau prosedur/ persyaratan pengajuan untuk mendapatkan visa Korea Selatan, pada tanggal 2 Maret 2018, ada pembaharuan persyaratan untuk mengajukan visa dan tentunya syarat tersebut lebih ringkas dan lebih mudah. Apa aja sih persyaratan untuk mengajukan visa Korea Selatan?

Dokumen-dokumen yang harus kalian siapkan diantaranya adalah :

  • 1 Formulir Aplikasi Visa (foto yang langsung ditempel pada kolom foto). Ukuran foto yaitu 3.5x4.5cm dengan background putih. Untuk formulir visa bisa di download disini http://overseas.mofa.go.kr/upload/cntnts/id-id/visa_application_form(15.06.15.).pdf (tentunya formulir ini sudah harus kamu isi dari rumah dengan lengkap dan jujur ya)
  • Paspor Asli dan Fotokopi Identitas Paspor (paspor lama jika ada), kalo kalian punya 2 paspor, baiknya kedua paspor tersebut di bawa. Lalu jangan lupa fotocopy juga bagian identitas paspornya dan juga halaman paspor yang sudah ada cap negara lain (bila pernah bepergian keluar negeri sebelumnya)
  • Surat Keterangan Kerja atau Surat Keterangan Mahasiswa (Asli)
    Pelajar/Mahasiswa : Surat Keterangan Mahasiswa/pelajar dalam bahasa Inggris
    Karyawan  : Surat Keterangan Kerja dalam bahasa Inggris
    Wiraswasta : Fotokopi SIUP
    *Bagi yang sudah bekerja buatlah surat keterangan kerja, biasanya bisa minta ke bagian HRD masing-masing kantor ataupun membuat sendiri dan tinggal minta cap dan tanda tangan manager HR di kantor masing-masing.
  • Dokumen Keuangan
    Rekening Koran atau Bukti Potong Laporan Pembayaran Pajak (SPT) atau Slip Gaji
    Pelajar/Mahasiswa wajib melampirkan Rekening Koran Orang Tua
    Ibu Rumah Tangga ataupun yang tidak bekerja dan tidak memiliki rekening koran pribadi, wajib melampirkan rekening Koran Suami/Istri.
    *untuk yang sudah bekerja bisa pilih salah satu dokumen keuangannya antara rekening koran selama 3 bulan terakhir atau bukti potong pajak (SPT) atau slip gaji. Tapi, karna aku orangnya insecure-an banget, makanya aku kumpulin semua kecuali SPT karena belum kena potongan makanya aku sampe bikin surat keterangan bahwa aku belum ada/kena potongan SPT di tempat kerjaku. Tapi untuk temenku sendiri, dia hanya menyerahkan rekening koran dan SPT aja tanpa slip gaji.
    *kalian juga udah gak perlu melampirkan surat referensi dari bank, bila sebelumnya banyak denger dari temen, mereka melampirkan surat referensi dari bank tapi sekarang udah engga.
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
    Source : Kedubes Korea Selatan Overseas Mofa
Oia kalian juga gak perlu lagi melampirkan tiket pesawat, reservasi penginapan ataupun itinerary. Karena itu gak diperlukan dan bukan menjadi persyaratan. Jadi, kalo emang orangnya parno-an banget kayak aku, beli tiket pesawatnya bisa setelah visa approved, jadi semua aman terkendali. Syaratnya mudah banget kan. Awal mau ngurus lampiran-lampiran tersebut memang berasa ribet banget, tapi kalo di liat lagi gak se-ribet itu kok.

Setelah dokumen udah lengkap bisa langsung cuus ke Kedutaan Besar Korea Selatan yang berada di Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.57 Jakarta 12950 (persis di sebelah Rumah Sakit Medistra). Oiya, mohon untuk diperhatikan juga  jam operasional konsulat/ pengajuan visa adalah sebagai berikut:

·         Penerimaan Aplikasi Visa : Setiap Hari Senin - Hari Jumat (09:00 - 11:30)
·         Pemberian Visa : Setiap Hari Senin -  Hari Jumat (13:30 - 17:00)
·         Kecuali Libur Resmi Indonesia 2016 dan 4 Besar Libur Resmi Republik Korea

Setelah datang, lakukan dahulu pembayaran di Bank KEB HANA yang ada di gedung pertama yang berwarna coklat. 

Lakukan pembayaran sesuai dengan tarif pengajuan visa:
·         Single visa (dalam jangka waktu 90 hari : Rp. 544,000
·         Single visa (di atas 90 hari) : Rp 816,000
·       Double visa (Dalam jangka waktu 6 bulan, dua kali masuk ke korea, masa kunjung paling lama 30 hari) : Rp.  952,000
·         Multiple visa : Rp. 1,224,000

Setelah selesai melakukan pembayaran dan mendapatkan stamp dari teller Bank KEB HANA, langsung aja menuju gedung utama yang warnanya abu-abu. Dari situ masuklah dan dokumen-dokumen kalian akan dibantu diperiksa oleh security apakah sudah lengkap dan dibantu juga untuk menempelkan stamp yang sudah didapat dari Mbak Teller KEB HANA. Lalu kalian akan mendapatkan nomor antrian, tunggu sampai nomor antrian kalian dipanggil, lalu serahkan semua berkas yang sudah disusun secara rapi dan berurutan. Setelah selesai, kalian akan mendapatkan bukti untuk mengambil visa/paspor. Masa proses visa adalah 6 hari kerja tidak dihitung weekend. Tapi karena waktu itu aku kepotong libur lebaran jadinya molor sampe hampir 3 minggu. Hehe


Pastikan untuk mengajukan visa minimal satu bulan sebelum keberangkatan, jangan terlalu mepet, biasanya kalo mepet dan pengennya buru-buru malah ada apa-apa *like you know wht I mean.
Kalian bisa cek status pengajuan visa disini https://www.visa.go.kr/
  1. Pilih check application status 
  2. Pilih check application status & print 
  3.  Pada Type of applications pilih Diplomatic Office
  4. Pada Select pilih Passport No. dan masukkan No ID Paspor kamu, untuk pengisian nama, harus dibalik, tuliskan nama belakang dulu baru nama depan.
    Ex: FELICIA CHRISENDY > CHRISENDY FELICIA atau yang punya 3 nama panjang
    FELICIA CHRISENDY YUNJAECHILD > YUNJAECHILD FELICIA CHRISENDY
  5. Lalu masukkan tanggal lahir dan klik search
  6. Setelah itu akan keluar seperti dibawah, di kolom status akan ketauan deh status proses visa kita, under review, pending, approved ataupun rejected
  7. Setelah visa kalian di approved kalian bisa langsung ambil paspor & visa ke kantor yang sama. Beginilah penampakan visanya, udah ketempel di paspor. Rasanya seneng banget pas liat visa ketempel di paspor, pengennya di liatin terus.
Contoh pengisian form pengajuan visa Korea Selatan bisa di download disini

No comments:

Post a Comment